Social Icons

Pages

Thursday, November 10, 2011

Tutorial Photoshop Seleksi Mengatur Tepi



Ilmu Grafis Desain Tutorial Photoshop Seleksi Mengatur Tepi untuk hasil seleksi lebih baik cocok bagi yang sedang belajar menggunakan Ilmu Photoshop CS3 ke atas. Perbedaan denganPhotoshop versi sebelumnya adalah munculnya pengaturan tepi seleksi menggunakan Refine Edges ( bisa dipilih dari menu Select > Refine Edge ). Sampai tutorial ini dibuat tool refine edge padaPhotoshop CS5 semakin lebih mudah digunakan daripada pendahulunya.Pada kotak dialog ini terdapat beberapa pengaturan seperti Feather, seperti yang kita ketahui feather pada versi sebelumnya merupakan submenu sendiri dalam menu Select, namun kali ini dimasukkan dalam sebuah kotak dialog tersendiri. Yang akan saya bahas sekarang adalah tentang Refine Edge ini.
Adapun tampilan dari kotak dialog Refine Edge adalah sebagai berikut.
Tutorial Photoshop Seleksi Mengatur Tepi
Tutorial Photoshop Seleksi Mengatur Tepi
Pada kotak dialog Refine Edge ini, terdapat beberapa pengaturan sebagai berikut:
  1. View Mode
    Digunakan untuk melihat hasil seleksi dan pengaturan yang sudah dilakukan, tersedia beberapa tampilan hasil pengaturanTutorial Photoshop Seleksi Mengatur Tepi
    Pada CS5
    • Marching Ant : tampilan seleksi mirip dengan semut yang berjalan
    • Overlay : tampilan seleksi akan di overlay
    • On Black : tampilan seleksi dalam warna hitam
    • On White : tampilan seleksi dalam warna putih
    • Black and White : tampilan seleksi dalam warna hitam dan putih
    • On Layer : tampilan seleksi dalam layer yang sekaligus dihilangkan diluar seleksi
    • Reveal Layer : tampilan seleksi tampa adanya sebuah seleksi (sebelum terseleksi)
    Pada CS3
    • Marching ants
    • Overlay
    • On Black
    • On White
    • Black and White
  2. Radius
    Digunakan untuk menentukan luas daerah yang diatur dalam keseluruhan pengaturan di kotak dialog Refine Edge ini.Tutorial Photoshop Seleksi Mengatur Tepi
  3. Refine Radius dan Remove Refine Radius
    Ada pada CS5. Refine radius digunakan untuk memperbaiki radius seleksi secara manual yang cara kerjanya seperti brush, yaitu menyapukan pada area kerja terseleksi. Remove refine edge digunakan untuk menghapus refine radius.
  4. Smart Radius
    Ada pada CS5. Digunakan untuk menyesuaikan radius seleksi secara lebih baik pada gambar terseleksi.
  5. Contrast
    Digunakan untuk mempertegas garis tepi seleksi. Dengan nilai pengaturan yang tinggi, akan membuat seleksi nampak semakin tegas/kuat.
  6. Smooth
    Digunakan untuk memperhalus garis tepi seleksi menjadi tidak bersudut. Bisa dikatakan jika seleksi adalah persegi maka sudut-sudut persegi akan dibuat melingkar.Tutorial Photoshop Seleksi Mengatur Tepi
  7. Feather
    Digunakan untuk membuat perbatasan antara area dalam seleksi denga nyang diluar area seleksi menjadi semakin tidak jelas / kabur/blur.
  8. Contract/Expand
    Ada pada CS3. Digunakan untuk memperluas dan mempersempit area seleksi. Meluas atau menyempitnya area seleksi ini dihitung dari seleksi semula, kemudian arah perubahannya menyebar baik kearah luar maupun dalam. Dalam kata lain, misalnya ada sebuah gambar seleksi lingkaran maka bayangkanlah lingkaran tersebut membesar atau mengecil. Pengaturan ini merupakan perkembangan selanjutnya dari Contract dan Expand yang merupakan submenu dari Photoshop versi sebelumnya.
  9. Shift Edge
    Ada pada CS5. Digunakan untuk mengubah seleksi tepi yang bergerigi sehingga sudut-sudut gerigi bisa lebih kecil atau lebih besar.
  10. Decontaminate Colors
    Ada pada CS5. Digunakan untuk menghilangkan kontaminasi warna pada pinggiran seleksi.
  11. Output to
    Ada pada CS5. Digunakan untuk menentukan hasil pengaturan Refine Edge di arahkan ke mana. Ada 6 pilihan yang bisa Anda pakai.
Sebenarnya bisa dikatakan ini bukanlah fasilitas baru namun sebuah pengembangan dari tool Photoshop pada versi yang sebelumnya. Namun dengan menyatukan tool-tool yang serupa tapi tak sama dan penambahan pilihan tampilan seperti diatas tadi, akan mempermudah kita untuk membuat dan melihat perkiraan hasil jadi dari seleksi.
Semoga Anda menikmati artikel ini dan jangan lupa bergabung dengan teman-teman yang lain di Facebook AhliDesain, dan ikuti  Twitter saya. Jika Anda menyukai artikel-artikel dari saya jangan lupa untuk memasukkannya dalam subscribe ke ahlidesain RSS Feed.
Bila ada yang ditanyakan, saran, tanggapan dan ide kreatif silakan isi pada komentar, saya akan mencoba menjawab secepat dan sebaik mungkin.

0 comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text