Social Icons

Pages

Friday, April 20, 2012

Tutorial Cara Membuat WPAP dengan CorelDraw


Tutorial Cara Membuat WPAP dengan CorelDraw atau cara bikinwpap dengan corel draw. Banyak kalangan desainer di Indonesia meyakini bahwa wpap kepanjangan dari Wedha’s Pop Art Portrait adalah seni vector asli dari Indonesia. Bahkan karya seni Indonesia dianggap tidak lagi kuno semenjak kelahiranWPAP (hehehe apa iya?). Digadang-gadang mampu go internasional karena apresiasinya yang begitu fenomenal. Menurut empunya Wedha Abdul Rasyid, WPAP merupakan salah satu seni pop art dengan cara tracing ( menjiplak / ngeblat ) foto yang kemudian dibuat bidang-bidang bergaris tegas lurus tak beraturan. Bidang-bidang tersebut dilanjutkan dengan memoles warna tersier yang diatur berdasarkan gelap terang warna yang bertabrakan, saling tumpang tindih dan berseberangan.

Cara Membuat WPAP dengan CorelDraw
“Nah, semua perbedaan tersebut sudah membentuk perbedaan ruang,” imbuhnya. WPAP yang dulunya bernama Foto Marak Berkotak (FMB) ‘mengharamkan’ penggunaan skin tone dan garis lengkung. Itulah yang menjadi ciri khas dan identitas WPAP. Bahkan Slamet Riyadi, seorang pecinta seni WPAP fanatik, mempunyai slogan ‘jangan ada kurva di antara kita’.
Seiring bertambahnya usia, Wedha Abdul Rasyid mengalami gangguan penglihatan. Untuk bisa menjalankan rutinitas dan tugas membuat ilustrasi sosok pesohor yang menjadi berita utama majalah hai tetap harus dijalankan. Inilah yang menjadi titik awal sehingga wedha membuat ilustrasi dengan menyesuaikan daya penglihatannya.
Sejak pertama kali kemunculannya, banyak yang menyukai gaya ini. Sangat mungkin karena selain nilai estitika yang banyak digemari juga gaya ini belum pernah dibuat sebelumnya di mass media Indonesia. Respon sosial buzz kemudian berkumandang di twitter, facebook dan banyak situs lokal dilanjutkan beberapa desainer kelaparan rasa penasaran proses pembuatannya. Ada juga yang bingung untuk menentukan aliran apakah gaya ilustrasi ini, kubisme, mozaikisme atau apa lagi. Wedha sendiri pernah menyebut ini sebagai Foto Marak Berkotak FMB.
Seiring perkembangan teknologi dibidang desain grafis, seni rupa WPAP ini semakin berkembang. Yang pada mulanya Wedha membuatnya secara manual, gambar/ foto ditrace dengan kertas kalkir, sekarang dapat dengan mudah dibuat di komputer tanpa meninggalkan sisi estetis dan kreatifitasnya. Ada banyak cara membuat wpap, ada yang mambuat wpap dengan coreldraw ada pula yang membuat wpap dengan illustrator bahkan ada pula yang membuat wpap dengan photoshop . Apresiasi semakin memuncak dengan terbitnya komunitas WPAP didunia maya, mumpung masih anget silakan cek tkp diwww.wpapcommunity.com
Kepada mas ndop kami ucapkan terimakasih telah sudi berbagi ilmu dengan kita semua. Semoga tutorial cara membuat wpap dengan coreldraw ini bermanfaat bagi kita semua.
Tolong bantu kami dalam rangka pembelajaran desain dengan cara menyebarkan artikel yang ada di website ilmu grafis desain ahlidesain.com ini melalui klik share facebookShare38 atau tweet twitter  atau google plus

Untuk informasi jika Anda tidak tahu atau kesulitan download file dari ziddu silakan baca artikel tips download ziddu disini. Bila ada yang ditanyakan, informasi link downloadrusak (deleted, link salah), saran, tanggapan dan ide kreatif silakan isi pada komentar, saya akan mencoba menjawab secepat dan sebaik mungkin.
Sejarah Kemunculan WPAP
Tutorial cara membuat WPAP dengan CorelDraw



1 comments:

 

Sample text

Sample Text